PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELKETROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

YULIA RIZKY WIDARI, 1213023084 (2016) PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELKETROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (937Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (691Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas X4 dan X7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung sebagai kelas eksperimen dari sembilan kelas yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan yang tinggi dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh yaitu pada keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa selama pembelajaran ada dalam kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya model pembelajaran SiMaYang Tipe II ini juga memiliki keefektivan dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh pada hasil kemampuan guru, dan aktivitas siswa yang tergolong dalam kategori “tinggi”. Selanjutnya hasil tes model mental dan efikasi diri siswa. Hasil tes model mental sebelum pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II kedua kelas mayoritas berkategori “buruk sekali”, “buruk” namun setelah pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II mengalami peningkatan yaitu mayoritas hasil tes model mental berkategori “sedang”, “baik”, “baik sekali”. Hasil efikasi diri siswa juga mengalami peningkatan, hal ini di-tunjukkan dengan rerata kedua kelas replikasi sebelum menggunakan model SiMaYang Tipe II ada dalam kategori “tinggi” , namun setelah menggunakan model SiMaYang Tipe II mengalamai peningkatan yaitu ada pada kategori “sangat tinggi”. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: model pembelajaran SiMaYang tipe II, model mental, efikasi diri, larutan elektrolit dan non-elektrolit\

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 9621019 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:52
Terakhir diubah: 25 Jul 2016 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir