PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA BERDASARKAN The Programme for International Student Assesment (PISA) PADA KONTEN BIOLOGI (Kuasi Deskriptif Siswa Kelas IX SMP se-Kecamatan Kemiling di Bandar Lampung)

CONNYTA ELVADOLA, 1213024011 (2016) PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA BERDASARKAN The Programme for International Student Assesment (PISA) PADA KONTEN BIOLOGI (Kuasi Deskriptif Siswa Kelas IX SMP se-Kecamatan Kemiling di Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1223Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1223Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains siswa, perbedaan kompetensi berdasarkan gender serta faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa. Penelitian ini yakni penelitian studi deskriptif dengan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP se-Kecamatn Kemiling berjumlah 500 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa data faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner siswa dan guru, sedangkan data kuantitatif berupa skor kompetensi literasi sains siswa menggunakan instrumen soal PISA, kemudian keduanya dianalisis secara deskriptif serta untuk mengetahui perbandingan gender menggunakan uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains siswa dalam kategori “Sangat Rendah” (29,88 ± 0,80). Bila dipisahkan berdasarkan aspek kompetensi ilmiah, walaupun masuk dalam kategori “Sangat Rendah” namun aspek mengidentifikasi permasalahan ilmiah memiliki skor tertinggi diantara iii ketiga aspek (36,4 ± 1,1), capaian kedua yakni aspek menggunakan bukti ilmiah (32,3 ± 3,6) dan yang terakhir aspek menjelaskan fenomena ilmiah (29,8 ± 3,6). Kompetensi literasi sains siswa perempuan lebih unggul (33,4 ± 1,1) dibanding siswa laki-laki (26,2 ± 1,1). Dari hasil uji statistik dihasilkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi literasi sains siswa perempuan dan laki-laki. Faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains yaitu latar belakang pendidikan orang tua; kebiasaan belajar; profesionalisme guru meliputi latar belakang pendidikan guru, metode yang sering digunakan dan keikutsertaan dalam pelatihan serta proses pembelajaran meliputi pelaksanaan praktikum, lama belajar di luar sekolah, keikutsertaan dalam les dan guru yang mengajar les. Serta faktor yang tidak berpengaruh terhadap kompetensi literasi sains yaitu bimbingan orang tua, fasilitas belajar, sertifikasi guru, periode mengajar guru dan pemberian PR. Kata Kunci : literasi sains, gender, PISA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2445597 . Digilib
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:44
Terakhir diubah: 22 Jul 2016 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir