PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR KONSEP PROTISTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA SUGAR GROUP

BENNY PRAKASA PUTERA , 1423011006 (2016) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR KONSEP PROTISTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA SUGAR GROUP. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1192Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1005Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada konsep Protista, 2) perbedaan prestasi belajar biologi yang dibelajarkan dengan Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL), 3) perbedaan prestasi belajar biologi konsep Protista pada peserta didik yang mempunyai motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan PJBL dan PBL, 4) perbedaan prestasi belajar biologi konsep Protista pada peserta didik yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan PJBL dan PBL. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Penelitian dilakukan di SMA Sugar Group kelas XIPA A dan XIPA B. Data dikumpulkan dengan tes dan angket. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis diuji menggunakan Uji Anava Dua Jalur dan Uji t-Test. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada interaksi antara model pembelajaran (sig 0,048<0,05), motivasi belajar (Sig 0,000<0,05), serta interaksi model dan motivasi (Sig 0,048<0,05), 2) rata-rata prestasi belajar Biologi peserta didik yang menggunakan model PJBL lebih tinggi dibandingkan dengan PBL (77,40>73,60), 3) rata-rata total prestasi belajar biologi peserta didik dengan motivasi rendah pada model pembelajaran PJBL lebih tinggi dibandingkan PBL (73,60>66,00), 4) rata-rata prestasi belajar biologi peserta didik dengan motivasi tinggi, PJBL sama dengan PBL yaitu 81,20. Kata kunci: protista, Project Based Learning, Problem Based Learning abstract This research aims to analyze 1) interaction among learning model with learning motivation of learning result of Protist concept, 2) difference of learning result through Project Based Learning (PJBL) and Problem Based Learning (PBL) teaching model, 3) difference of Project Based Learning and Problem Based Learning teaching model of low motivated students, 4) difference of Project Based Learning and Problem Based Learning teaching model of high motivated students. This experiment used quasi experimental design with factorial design 2x2. It was examined in SMA Sugar Group class of Xscience A and XScience B. Data collected by test and questionnaire. Research sample was done by using cluster random sampling. Hypotesis was examined using Two Ways Anova and t-Test. The conclusion of this research is 1) there was an interaction among learning model (sig 0,048<0,05), learning motivation (Sig 0,000<0,05), and interaction between model and motivation (Sig 0,048<0,05), 2) the total average of learning result through PJBL was higher than PBL teaching model (77,40>73,60), 3) the average of PJBL was higher than PBL teaching method of low motivated students (73,60>66,00); 4) the average of PJBL and PBL teaching method of high motivated students got the same result 81,20. Keyword: protists, Project Based Learning, Problem Based Learning

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: 2894581 . Digilib
Date Deposited: 23 Jul 2016 03:44
Last Modified: 23 Jul 2016 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item