DWI GUNAWAN, 0913022038 (2016) PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI KOMPLEMEN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1148Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (574Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, keterampilan proses sains siswa, karakter siswa, aktivitas siswa, dan sikap siswa terhadap media TIK tutorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen demonstrasi pada pembelajan alat ukur di SMP; (2) mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tutorial sebagai komplemen demonstrasi; (3) mendeskripsikan karakter yang dapat ditumbuhkan pada siswa selama pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tutorial sebagai komplemen demonstrasi; (4) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tutorial sebagai komplemen demonstrasi; (5) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pemanfaatan media Dwi Gunawan ii Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tutorial sebagai komplemen demonstrasi dalam pembelajaran alat ukur. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil, tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII pada semester ganjil sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VII Bsebagai kelas yang diteliti dengan jumlah 34 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan memilih satu kelas secara random dari enam kelas yang ada. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-shot Case Study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur yang diketahui berdasarkan nilai pretest dan posttest siswa. Pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dapat menumbuhkan karakter siswa, dapat menumbuhkan aktivitas siswa, dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Kata kunci: media TIK tutorial, komplemen demonstrasi, pembelajaran alat ukur.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 3129317 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 06:28 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2016 06:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23097 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |