PENINGKATAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKADANA KEBUPATENLAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lismardalena Andriyani, 1423031077 (2016) PENINGKATAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKADANA KEBUPATENLAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1330Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1331Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, sistem penilaian, efektivitas), dalam penerapan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan nilai-nilai demokrasi kelas VIII di SMP Negeri 2 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau class room action research meliputi empat rangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian pada tahap perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran value clarification technique. Diketahui dari siklus I memperoleh skor 16 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 22 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 29 dengan kategori sangat baik. Tahap pelaksanaan pembelajaran penilaian kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, siklus I diperoleh skor 32 dengan kategori kurang baik, siklus II memperoleh skor 50 dengan kategori cukup baik dan pada siklus III memperoleh skor 77 dengan kategori baik. Hasil penilaian terhadap peningkatan nilai-nilai demokrasi siswa pada siklus I memperoleh skor 15 dengan kategori tidak baik, siklus II memperoleh skor 25 dengan kategori Cukup dan siklus III skor 34 dengan kategori sangat baik. Efektivitas pada siklus 1 memperoleh skor 62,99 dengan kategori cukup baik, siklus 11 memperoleh skor 69 dengan kategori cukup baik dan siklus 111 memperoleh skor 79,77 dengan kategori baik. Kata kunci : Nilai-nilai demokrasi , Model pembelajaran value clarification technique (VCT), ABSTRAK BAHASA INGGRIS The aim of this research is to obtain description about learning process (planning, implementation, assessment systems, effectiveness) and to understand and to analyze VCT learning model implementation to enhance democracy values in students of VIII level of SMP Negeri 2 Sukadana of Lampung Timur Regency. The method which was used in this research was Penelitian Tindakan Kelas or class room action research includes four series of planning, implementation, observation and reflection. The result of research in the learning planning stage by using learning model of value clarification technique is that known from cycle’s I was acquaired score’s 16 with category was not good. Cycle’s II was acquaired score’s 22 wtih category was good and Cycle’s III was acquaired score’s 29 was very good. In the stage of assessment learning implementation about teachers’ ability in managing of learning process, cycle’s I was obtained score’s 32 with category was less good. Cycle’s II was obtained score’s 50 with category was good enough. Cycle’s III was obtained score’s 77 with category was good. The result of assessment about democracy values enhancement in cycle’s I was got score’s 15 with category was not good. Cycle’s II was got score’s 25 with category was good enough. Cycle’s III was got score’s 34 with category was very good. Effectiveness in Cycle’s I obtained a score 62.99 with a good enough category, the Cycle’s II obtained a score 69 with a good enough category and Cycle’s III obtained a score 79.77 with good categories. Key word: Democracy values, Learning Model of Value Clarification Technique (VCT)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 1414635 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:19
Terakhir diubah: 25 Jul 2016 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir