EVALUASI KEBIJAKAN DANA BANTUAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi Model CIPP Pada SMK di Kabupaten Lampung Barat)

YESI Merinda, 1423012026 (2016) EVALUASI KEBIJAKAN DANA BANTUAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi Model CIPP Pada SMK di Kabupaten Lampung Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1278Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULLTANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1071Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EVALUASI KEBIJAKAN DANA BANTUAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi Model CIPP Pada SMK di Kabupaten Lampung Barat) Oleh YESI MERINDA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan evaluasi deskriftif mengenai kebijakan dana bantuan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah pendekatan evaluasi deskriftif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari BAPPEDA, Kepala Dinas Pendidikan, kepala sekolah, bendahara BPP, guru, siswa dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Evaluasi konteks kebijakan ini memiliki dasar yang jelas sejak awal disusun berdasarkan fakta dari dinas pendidikan, kemudian tujuan yang ditetapkan berdasarkan dasar kebijakan telah menunjukkan pencapaian, serta dalam proses penyusunan nya kebijakan ini telah melibatkan berbagai stakeholder yang berkaitan; (2) Evaluasi input pihak pemerintah daerah telah memiliki kesiapan anggaran dan analisis jangka panjang yang baik terkait dengan pelaksanaan kebijakan ini, kesiapan SDM sekolah sebagai objek pelaksana kebijakan ini juga telah siap dan tidak terdapat penolakan dari para personil sekolah baik pendidik maupun siswa, serta dalam hal respon dan partisipasi masyarakat telah diberikan respon dan partisipasi yang positif dalam kebijakan ini; (3) Evaluasi proses penyaluran dana telah secara baik difahami oleh semua pihak dan tidak memberikan ambiguitas makna penyaluran, pelaksanaan disekolah dapat berjalan dengan sesuai aturan yang ditetapkan, dan dalam hal kendala belum terdapat kendala yang berarti dan; (4) Evaluasi produk monitoring dilakukan dengan baik, guru dan siswa merasa termotivasi, dan memberikan efek jangka panjang pada peningkatan APK. Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan dana BPP, Model CIPP ABSTRACT EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION ASSISTANCE FUND EDUCATION POLICY (CIPP Model Study On Vocational in West Lampung) By YESI MERINDA The purpose of this study is to provide a descriptive evaluation of the implementation of education aid policy in West Lampung. The method used is descriptive approach to evaluation by interview, observation and documentation. Informants consisted of BAPPEDA, Dept. of Education, principals, treasurer BPP, teachers, students and community leaders. The results of this study indicate that (1) Evaluation of the context of this policy have a clear basis since the beginning is based on the fact of the education, then the goals set by the basic policy has demonstrated achievement, as well as in the formulation of its policy has involved various stakeholders related; (2) Evaluation of input local authorities have had the readiness of the budget and long-term analyzes are both related to the implementation of this policy, readiness of human resources of the school as an object implementing this policy has also been prepared and there is no resistance from school personnel both educators and students, as well as in terms of response and participation has been given a positive response and participation in this policy; (3) Evaluation process of channeling funds have been well understood by all parties and did not leave ambiguity of meaning the distribution, implementation of school can be run according to the rules set forth, and in case there are problems yet significant constraints and; (4) Evaluation monitoring products performed well, teachers and students feel motivated, and provide long-term effect on increasing the APK. Keywords: Evaluation, Policy BPP fund, CIPP Model

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 5265497 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:24
Terakhir diubah: 26 Jul 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir