PEMBELAJARAN PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU PROPINSI LAMPUNG

HENRICAN PURBA , 1123031016 (2016) PEMBELAJARAN PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU PROPINSI LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2677Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2677Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukoharjo lebih tepat dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran berbasis karakter, sebab sekolah ini sudah menerapkan visi sekolah unggul madani berwawasan adiwiyata dengan memasukkan usur-unsur karakter secara implisit meskipun masih terkendala oleh SDM berupa guru dan inpu siswanya. Pembelajaran berbasis karakter tersebut merupakan suatu model pembelajaran yang mengintegrasiakan berbagai ilmu / pelajaran dalam sebuah tema tertentu sehingga satu pelajaran dengan pelajaran lain saling berhubungan dan berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran PKn berbasis karakter menurut guru, peserta didik, orang tua dan stakeholders dikelas XI IPA 1 SMA N 1 Sukoharjo yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran PKn berbasis karakter di SMA N l Sukoharjo dengan kompetensi dasar, budaya politik, tipe-tipe budaya politik, serta sosilisasi politik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif dari Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berbasis karakter di SMA N 1 Sukoharjo perencanaan pembelajaran baik, hanya guru masih sedikit kesulitan dalam menetapkan nilai-nilai karakter dan pengembangan bahan ajar tetapi kondisi seperti ini masih bisa diatasi. Pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif dengan pembelajaran dibagi dalam tiga tahapan, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi menurut pendapat guru, peserta didik, orang tua peserta didik dan stakeholders bahwa nilai karakter yang sudah membudaya adalah nilai religius dan nilai disiplin. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Karakter, PKn, SMA N 1 Sukoharjo ABSTRACT Learning Civics Instructional at SMA Negeri 1 Sukoharjo more appropriately carried out by using the character-based learning, because the school is already implementing the school's vision superior sound civil-usur Adiwiyata by incorporating elements of character implicitly, though overall still constrained by hr form input teachers and students. The character-based learning is a instructional model that integrates various sciences / lessons in a particular theme so that one lessons with other subjects are interconnected and continuously. The purpose of this study was to determine the character-based civics learning by teachers, learners, parents and stakeholders in class XI Science 1 of Public Senior High School 1 Sukoharjo that includes planning, implementation and evaluation of learning outcomes. The focus of this research problem is how the character-based learning civics in Public Senior High School 1 Sukoharjo with basic competence, political culture, types of political culture, as well as political socialization. This research is qualitative. The method used for data collection are interviews, observation and documentation, while data analysis using interactive data analysis by Miles and Huberman (1992). The results showed that the character-based learning of civics in Public Senior High School 1 Sukoharjo good lesson plan, only teachers are still a little difficulty in setting the values of character and development of teaching materials, but mis condition can still be overcome. Character-based learning implementation is in accordance with the learning stage of cognitive development is divided into three phases, exploration, elaboration and confirmation in the opinion of teachers, learners, parents of learners and stakeholders that the characters that have been entrenched values are religious values and the value of discipline. Keywords: Character Values, Civics, Instruction

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 2297851 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:27
Last Modified: 28 Jul 2016 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item