PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS X SMA AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

REPASARI , 1423041023 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS X SMA AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2920Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1210Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X Sina SMA Ar Raihan Bandarlampung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi membaca teks nonsastra, (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi membaca teks nonsastra, (3) Kemampuan membaca siswa kelas X Sina SMA Ar Raihan Bandarlampung dengan menggunakan media pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian adalah di SMA Ar Raihan Bandarlampung kelas X. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa teknik observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada kompetensi dasar membaca teks nonsastra telah disusun dan disesuaikan dengan menggunakan penerapan media pembelajaran online. Pelaksanaan pembelajaran membaca teks nonsastra dengan menggunakan media pembelajaran online telah mengubah pembelajaran membaca menjadi menyenangkan, tidak monoton atau menjenuhkan dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan mencapai target nilai minimal 75. Hasil tes prasiklus diperoleh rata-rata sebesar 65,66 dan pada siklus I diperoleh nilai-rata-rata sebesar 72,66. Hal ini terjadi peningkatan sebesar 7,00%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,66. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,00%. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, media pembelajaran online ABSTRACT The problem of this study is about the low level of comprehensive reading in 10th grader of Ar Raihan Senior High School, Bandarlampung. The purpose of this study is to analyze and to describe (1) Lesson Plan based on the online media of Bahasa Indonesia subject, for non-literature text reading competence. (2) The learning prosess using online media of Bahasa Indonesia subject, for non-literature text reading competence (3) The reading ability of class 10-Ibnu Sina, Ar Raihan Senior High School, using online media. The Method used is classroom-based-research. The subject of this study is ten grader of Ar Raihan Senior High School. The research is done in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. The techniques used to collect the data are observation and test, while the data analyzing technique were done by quantitative and qualitative method. The result indicates that The Lesson Plan of non-literature reading basic competence has been made and adapted using online study media. The learning process of nonliterature text reading by using online media has changed the session to become more attractive, fun, and less boring. The improvement of student activity has been shown well. The result shows that students have reached minimum score (75). The average of pre-cycle test is 65,66 and at cycle I the average has turned into 72,66. The enhancement that has been happened is 7,00 %. At cycle II, the average has another enhancement (82,66). It means the enhancement is 10,00%. Keyword: Comprehensive reading competence, online media.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 5072147 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:47
Terakhir diubah: 27 Jul 2016 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir