RIA ANITA, 1423041024 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT BERBASIS ANIMASI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3947Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1126Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah pokok yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana spesifikasi produk media pembelajaran berbasis animasi untuk membelajarkan materi teks anekdot pada siswa kelas X SMK serta bagaimana hasil validasi pengembangan media pembelajaran berbasis animasi untuk membelajarkan materi teks anekdot pada siswa kelas X SMK. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu mendeskripsikan spesifikasi produk media pembelajaran berbasis animasi untuk membelajarkan materi teks anekdot dan mengetahui hasil validasi pengembangan media pembelajaran berbasis animasi untuk membelajarkan materi teks anekdot pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model DDD-E, yang terdiri atas: Decide, Design, Develop, Evaluate. Prosedur penelitian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan bahan atau materi, mengembangkan instrumen, mengembangkan dan menyusun naskah media, melakukan uji coba, melakukan revisi serta produksi. Revisi produk pengembangan dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari setiap penilaian untuk menghasilkankan media yang layak dan siap diimplementasikan. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa Compact Disk (CD) dan buku panduan penggunaan media pembelajaran teks anekdot berbasis animasi. Spesifikasi produk dalam media pembelajaran ini terdiri atas menu kompetensi, materi, latihan dan referensi. Hasil validasi ahli media dalam pengembangan media pembelajaran ini yaitu validasi aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 91,67 %, validasi aspek komunikasi visual sebesar 83,3%, validasi aspek desain pembelajaran sebesar 77,5%. Hasil angket uji perseorangan yaitu aspek kemenarikan sebesar 82,14%, aspek interaktivitas sebesar 79,16%, aspek kemudahan program sebesar 77,78%. Hasil angket daya tarik pada kelas sasaran yaitu aspek kemenarikan sebesar 78,05% dan aspek penggunaan sebesar 77,91%. Kata Kunci: media pembelajaran, teks anekdot, animasi ABSTRACT The main problem in this reseaarch is how product specifications based learning media animation to text material anecdotes and how the results of the validation development of media-based learning animation for anecdotal text material. This study aimed to describe the product specifications based learning media animation to text material anecdotes and know the results of the validation development of media-based learning animation for anecdotal text material in class X Vocational Education. This research in the Research and Development (R & D) with a model of DDD-E, consisting of: Decide, Design, Develop, Evaluate. This research proedure begins with needs analysis, formulated spesific goals, developing materials, develop instruments, drafting the media, tested, revision and production. Product revision is done based on the advice of ratings to produce a decent media Products produced in this research and development in the form of a Compact Disk (CD) media learning and learning media usage guide books anecdotal textbased animation. The product specifications in this instructional media consists of menu competence, materials, training and reference. Has developed instructional media elements of the attractiveness of the good. Results validation media experts in the development of this learning media is validation of software engineering aspects of 91.67%, the validation aspects of visual communication by 83.3%, validating the learning design aspects of 77.5%. Individual test results of questionnaires that aspect of the attractives 82,14%, aspect of the intectivity 79,16%, aspect of the ease program 77,78%. Target class poll results aspect ease program 78,05 % and aspect of its use 77,91%. Keywords: animation, media, text anecdotes.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 0997867 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 04:24 |
Terakhir diubah: | 27 Jul 2016 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23169 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |