HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

FATMA INA PURI PERTIWI , 1213024023 (2016) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1490Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar yang digunakan siswa, hubungan cara belajar dengan prestasi belajar IPA siswa serta faktor yang berhubungan dengan cara belajar. Desain peneilitian yaitu desain deskriptif korelasional, dengan sampel penelitian 50% kelas dari jumlah populasi yang digunakan dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 337 siswa. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa angket cara belajar, angket faktor yang berhubungan dengan cara belajar serta tes tertulis. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar IPA siswa, sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan deskripsi data. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil yaitu (1) terdapat enam cara belajar sesuai teori kerucut Dale yang digunakan oleh siswa, yaitu membaca Fatma Ina Puri Pertiwi iii sebanyak 146 siswa, mendengar sebanyak 146 siswa, melihat sebanyak 2 siswa, melihat dan mendengar sebanyak 3 siswa, mengucap dan menulis sebanyak 28 siswa serta melakukan sebanyak 12 siswa (2) terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar IPA, koefisien korelasi sebesar 0,955 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat (3) cara belajar dengan faktor memiliki koefisien korelasi sebesar 0,736 yang berarti terdapat hubungan yang kuat, serta terdapat faktor yang berhubungan dengan cara belajar berupa faktor internal dan faktor eksternal yaitu, minat, bakat, motivasi, dukungan keluarga, sumber belajar, fasilitas sekolah, fasilitas rumah, cara guru mengajar dan pendekatan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara belajar memiliki hubungan sangat kuat dengan prestasi belajar IPA siswa, serta terdapat hubungan yang kuat antara cara belajar dengan faktor belajar. Kata kunci : cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0249759 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:45
Terakhir diubah: 28 Jul 2016 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir