PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN CTL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016

AYU MARLINA, 1213034012 (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN CTL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2023Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1378Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL; 2) Rata-rata hasil belajar geografi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI dan CTL pada siswa yang tergolong pada taraf quitter; 3) Rata-rata hasil belajar geografi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI dan CTL pada siswa yang tergolong pada taraf climber; 4)Keterkaitan antara model pembelajaran SAVI dengan kecerdasan adversitas siswa terhadap mata pelajaran Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan pendekatan komparataif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dua sampel independen dan analisis anova dua jalan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran SAVI dan CTL; 2) Hasil belajar geografi yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih rendah dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL bagi siswa yang tergolong dalam kelas quitter; 3) Hasil belajar geografi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL bagi siswa yang tergolong dalam kelas climber; 4) Ada keterkaiatan antara model pembelajaran SAVI dengan kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa pada mata pelajaran geografi. Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI dan CTL, Kecerdasan Adversitas, dan Hasil Belajar Geografi. ABSTRACT Problems in this research were geography learning outcomes which was low in class XI IPS at SMAN 1 Kotagajah, SAVI and CTL learning model still rarely used by the teacher. The experimental research which aimed to know: 1) The difference between students geography learning outcomes which used SAVI learning model and used CTL learning model; 2) The average results of students geography learning outcomes which its learning used SAVI and CTL on students who belong to the quitter level; 3) The average results of students geography learning outcomes which its learning used SAVI and CTL on students who belong to the climber level; 4) The relationship between SAVI learning model with adversity intelligence toward geography subjcts. The experimental research used quasi-experimental methods (quasi-experimental design) with comparative approach. The research’s sample were choosen by cluster random sampling. The result of reseacrh showed that: 1) There were differences between student geography learning outcomes which used SAVI learning model and used CTL learning model; 2) Geography learning outcomes which its learning used SAVI learning model lower than used CTL learning model on students who belong to the quitter level; 3) Geography learning outcomes which its learning used SAVI learning model higher than used CTL learning model on on students who belong to the climber level; 4) there were relationship between SAVI learning model with adversity intelligence toward geography subjcts. Keywords: SAVI and CTL learning model, adversity intelligence, and geography learning outcomes

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 2339871 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:42
Last Modified: 28 Jul 2016 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23197

Actions (login required)

View Item View Item