UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papayaL.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Colletotrichum capsici (Syd.) Butler & Bisby PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuumL.)

KADEK ARIANI , 1117021026 (2016) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papayaL.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Colletotrichum capsici (Syd.) Butler & Bisby PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuumL.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2020Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (783Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak dan jenis kelamin daun pepaya sebagai fungisida alami pada tanaman cabai merah yang terinfeksi jamur Colletotrichum capsici penyebab penyakit antraknosa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai bulan Maret 2016 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 3 ulangan dimana ulangan sebagai kelompok. Faktor A konsentrasi ekstrak daun pepaya dengan 6 taraf, yaitu 0%, 1%,2%, 3%, 4%, 5%, dan faktor B jenis kelamin pepaya dengan 3 taraf , yaitu pepaya betina (B1), hermaprodit (B2) dan jantan (B3). Parameter yang diamati adalah keterjadian penyakit, keparahan penyakit antraknosa, tinggi tanaman dan berat basah tanaman cabai merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara konsentrasi dan jenis kelamin ekstrak daun papaya. Konsentrasi 5 % (A5) dan jenis kelamin betina (B1) merupakan ekstrak yang terbaik untuk menekan keterjadian dan keparahan penyakit, dibandingkan dengan konsentrasi dan jenis ekstrak daun pepaya yang lain. Kata kunci : Antraknosa, cabai merah (Capsicum annuum L.), ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 1420174 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 06:47
Last Modified: 28 Jul 2016 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23209

Actions (login required)

View Item View Item