PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROIT

DEWI MAWARNI, 1213023016 (2016) PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1186Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1012Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan serta ukuran pengaruh (effect size) model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan model mental dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang diguna-kan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling, sehingga mendapatkan satu kelas penelitian sebagai sampel, yaitu kelas X10 yang terdiri atas 40 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah model mental, penguasaan konsep, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Data pertama dikumpulkan dengan tes model model mental berbentuk soal essay dengan jumlah 4 butir soal, data kedua dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk soal pilihan ganda dengan jumlah 16 butir soal, data ketiga dan keempat dikumpulkan dengan lembar observasi yang dinilai oleh dua orang observer. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan software Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mental siswa mengalami perubahan antara sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri terbimbing, yaitu dari berkategori “buruk sekali” dan “buruk,” menjadi berkategori “baik” dan “baik sekali.” Penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan dengan kategori “sedang.” Hasil penilaian observer terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa menunjukkan kategori “tinggi.” Besarnya pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan model mental siswa dilakukan dengan uji effect size, yang menunjukkan efek “besar.” Berdasarkan hal di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keefektivan yang tinggi serta memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan model mental dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, model mental, penguasaan konsep, effect size, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2430276 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:32
Terakhir diubah: 29 Jul 2016 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir