PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A SD PERTIWI TELADAN METRO PUSAT

FITRIA RAMADHANI, 1213053052 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A SD PERTIWI TELADAN METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1387Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1388Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV A SD Pertiwi Teladan Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning melalui media realia. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang masing –masing siklus memiliki empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL melalui media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori “Sedang”, meningkat menjadi kategori “Sangat Tinggi”. . Kata kunci: contextual teaching and learning, media realia, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 7135073 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:39
Last Modified: 29 Jul 2016 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item View Item