PENGARUH DOSIS VERMIKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN PRODUKSI DAN SERAPAN N & P TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) PADA DUA KEDALAMAN TANAH ULTISOL

MUHAMMAD FARCHAN YUKA , 1014121123 (2016) PENGARUH DOSIS VERMIKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN PRODUKSI DAN SERAPAN N & P TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) PADA DUA KEDALAMAN TANAH ULTISOL. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (771Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Dalam budidaya tanaman mentimun masalah yang umum dihadapi adalah produktivitas tanah yang rendah seperti tanah Ultisol yang tingkat kesuburannya serta sifat fisikanya kurang baik. Pemberian pupuk organik seperti vermikompos dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesuburan tanah sehingga pertumbuhan, produksi tanaman mentimun dapat meningkat. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus sampai Desember 2015 di Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 2 x 4. Faktor pertama adalah dosis vermikompos 0%, 10%, 20%, 30% dan faktor kedua, kedalaman tanah 0 – 20 cm (S1) dan 20 – 40 cm (S2). Uji homogenitas ragam data menggunakan uji Bartllet, uji aditifitas dengan uji Tukey. Sidik ragam data dan perbedaan nilai tengah perlakuan diuji dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Uji korelasi untuk melihat hubungan antara pertumbuhan tanaman dengan pH, C-organik, N-total,P-tersedia, serapan N dan P tanaman pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aplikasi vermikompos dengan dosis 30% paling baik untuk bobot buah, diameter buah, bobot brangkasan kering dan pH tanah, serapan N dan serapan P tanaman mentimun. (2) Jumlah bunga betina tanaman mentimun dan pH tanah lebih tinggi pada kedalaman 0 – 20 cm dibandingkan dengan kedalaman 20 – 40 cm tanah Ultisol Natar. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara kedalaman tanah yang diberi dosis vermikompos bagi pertumbuhan, produksi tanaman mentimun, pH tanah, serapan N dan serapan P oleh tanaman mentimun. Kata kunci: Mentimun, serapan hara N dan P, vermikompos.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 1836475 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2016 06:10
Terakhir diubah: 02 Aug 2016 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23297

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir