, DEWI TOMAN FRISKA NADEAK (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (588Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (1170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (527Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (292Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (158Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (372Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5 E pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks-perimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Kotaagung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam penelitian ini diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas ekspe- rimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 dan 0,52; dan nilai rerata n-Gain keterampilan inferensi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,70 dan 0,62. Hasil uji-t menunjukkan bahwa keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi asam basa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. ii Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi. Kata kunci : keterampilan inferensi, keterampilan mengelompokkan, model pembelajaran Learning Cycle 5E.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 06:30 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 06:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/233 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |