PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOGENIK MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIIINDUKSI SIPROTERON ASETAT

NUR BEBI ULFAH IRAWATI , 1217021057 (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOGENIK MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIIINDUKSI SIPROTERON ASETAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (893Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (849Kb) | Preview

Abstrak

Infertilitas merupakan kondisi yang umum ditemukan dan dapat disebabkan oleh faktor perempuan atau laki-laki, parameter kesuburan dapat dilihat melalui kemampuan spermatozoa yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ekstrak etanol jahe merah dapat meningkatkan jumlah spermatogenik mencit(Mus musculus L.) meliputi sel spermatogenik, sel spermatosit primer dan sel spermatid yang diinduksi siproteron asetat. Penelitian ini menggunakan 25 ekor mencit jantan yang dibagi secara acak menjadi 5 kelompok yaitu K sebagai kontrol normal, dimana hanya akan diberi pakan dan aquades. K(-) sebagai kontrol negatif, diberikan siproteron asetat 1,17mg/ml secara oral selama 7 hari. Kelompok P1, P2 dan P3 diinduksi siproteron asetat 1,17mg/ml secara oral selama 7 hari bertutut-turut selanjutnya diberikan ekstrak etanol jahe merah dengan dosis P1: 6 mg/ml, P2: 12mg/ml, dan P3: 24mg/ml selama 28 hari. Parameter sel-sel spermatogenik yang dilihat pada penelitian ini adalah jumlah sel spermatogonium, sel spermatosit primer dan sel spermatid mencit jantan dan dilakukan Analisis varian (ANOVA) dan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol jahe merah 6mg/ml, 12mg/ml dan 24mg/ml dapat meningkatkan jumlah sel spermatogonium, sel spermatosit primer dan sel spermatid mencit jantan yang diinduksi siproteron asetat. Kata kunci: Infertilitas, jahe merah, sel spermatogenik, mencit jantan, siproteron asetat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 0748449 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:52
Terakhir diubah: 09 Aug 2016 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23354

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir