Arum Arupi, 1213033007 (2016) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 GADINGREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2837Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1857Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penelitian pendahuluan dalam proses pembelajaran kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Gadingejo diketahui bahwa 15 dari 32 siswa aktivitas belajar dalam kategori kurang dengan persentase 78,125%. Tidak jauh berbeda, hasil belajar kognitif siswa tidak ada yang mampu mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dengan menghitung persamaan regresi yaitu Y = 30,24 + 0,74X, rumus korelasi pearson dan Uji-t untuk mengetahui signifikan pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa, ini dapat dilihat dari hasil analisis Uji-t yang diperoleh peneliti yaitu thitung = 6,45 > t0,05 = 1,69 dan nilai (r) yaitu 0,76 dengan koefesien korelasi tinggi atau kuat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran bermain peran, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 9769039 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:32 |
Terakhir diubah: | 09 Aug 2016 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23355 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |