PENGEMBANGAN STRATEGI METAKOGNISI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

RINAWATI, 1423025013 (2016) PENGEMBANGAN STRATEGI METAKOGNISI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1823Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1824Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa menyebabkan guru-guru sains SMP di Provinsi Lampung menyetujui perlu dikembangkannya model PBL yang diintegrasikan dengan strategi metakognisi agar dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran PBL yang diintegrasi dengan strategi metakognisi, yang disebut PBL-M3. Penelitian ini bercirikan penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Strategi metakognisi yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada berpikir tingkat tinggi. Desain penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan model pembelajaran dan diimplementasikan di sebuah SMP Negeri di Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensi menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik strategi metakognisi berbasis PBL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai sebuah model pembelajaran terdiri atas rasional teoretik, landasan berpikir, sintaks, prinsip interaksi, sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional (instructional effect) maupun dampak pengiring (nurturant effect); (2) strategi metakognisi berbasis PBL yang dikembangkan efektif digunakan sebagai model pembelajaran karena dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai N-gain sebesar 0,77 pada kelas eksperimen dan 0,57 pada kelas kontrol; (3) guru menilai bahwa model PBL-M3 sangat baik digunakan sebagai sebuah model pembelajaran, sebagian besar siswa (93,75%) sangat senang belajar menggunakan model PBL-M3. Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Strategi Metakognisi abstrak inggris Low ability student’s critical thinking lead science teachers SMP in Lampung Province approved the necessary development of PBL models are integrated with metacognition strategies in order to foster students' critical thinking skills. This study aims to produce PBL learning model that is integrated with metacognition strategies, called PBL-M3. This research is characterized by the use of real-life problems as something that can foster critical thinking skills. Metacognition strategies used in this study refers to high-level thinking. Design research and development used to produce a model of learning and implemented in a Junior High School in Bandar Lampung. Data collection using interviews, questionnaires, and tests. then the data were analyzed by descriptive and inference using t-test. The results showed that (1) the characteristic strategy of metacognition-based PBL developed has met the criteria as a learning model consists of a rational theoretical, the cornerstone of thinking, the syntax, the principle of interaction, social systems, support systems, the impact of instructional (instructional effect) and the impact of Bridesmaids ( nurturant effect); (2) metacognitive strategies developed based PBL effectively used as a study model because it can foster students' critical thinking skills, with the value of N-gain of 0.77 in the experimental class and the control class 0,57; (3) teachers assess that the model PBL-M3 very well be used as a model of learning, most students (93.75%) were happy to learn using the model PBL-M3. Keywords: Critical Thinking, Problem Based Learning, Strategies Metacognition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 1516090 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2016 06:28
Terakhir diubah: 10 Aug 2016 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir