EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA, MENGKUDU, JARAK, SIRIH, DAN SERAI SEBAGAI BIOFUNGISIDA PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA (Colletotrichum gloeosporioides) PADA JAMBU BIJI (Psidium guajava) SECARA IN VITRO

AGUNG SUSILO, 1114121012 (2016) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA, MENGKUDU, JARAK, SIRIH, DAN SERAI SEBAGAI BIOFUNGISIDA PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA (Colletotrichum gloeosporioides) PADA JAMBU BIJI (Psidium guajava) SECARA IN VITRO. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1296Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1129Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit antraknosa yang disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporioides merupakan salah satu penyakit penting pada pertanaman jambu biji di Indonesia. Berbagai jenis tumbuhan mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber fungisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun mimba, daun mengkudu, daun sirih, daun jarak, dan daun serai wangi sebagai fungisida nabati penghambat pertumbuhan C. gloeosporioides secara in vitro. Penelitian ini disusun dengan mengunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tujuh perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan terdiri atas ekstrak daun mimba, daun mengkudu, daun jarak, daun sirih, daun serai dan fungisida iprodion. Data yang didapatkan dianalisis mengunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) dengan taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak daun mimba, daun mengkudu, daun sirih, daun jarak, dan daun serai wangi mampu menghambat pertumbuhan dan produksi spora C. gloeosporioides secara in vitro. Ekstrak daun sirih paling efektif dibandingkan ekstrak daun mimba, ekstrak daun jarak, ekstrak daun serai, ekstrak daun mengkudu dan fungisida pembanding (Iprodion). Kata kunci : Colletotrichum gloeosporioides, antraknosa, jambu biji, ekstrak daun mimba, mengkudu, jarak, sirih, serai dan fungisida iprodion.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 3461517 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:59
Terakhir diubah: 10 Aug 2016 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir