SISTEM PEMBINAAN KARAKTER BEBASIS ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH

AYU NUR SEPTIANY, 1213032015 (2016) SISTEM PEMBINAAN KARAKTER BEBASIS ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1508Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1509Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sistem pembinaan karakter berbasis Islam di pondok pesantren Al-Hikmah khususnya: 1) Input pembinaan karakter berbasis Islam, 2) Proses pembinaan karakter berbasis Islam, dan 3) Output pembinaan karakter berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala pondok, guru, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa sistem pembinaan karakter berbasis islam , 1) input pembinaan berupa guru yang sesai dengan lulusannya yaitu pondok pesantren , sarana pembinaan berupa masjid perpustakaan dan aula ,program yang ada seperti sholat berjamaah di masjid, pengajian dan hapalan quran, 2) proses pembinan melalui kegiatan intra yaitu pemberiaan materi tentang akhlak, dan kegiatan ekstra yaitu pengajian setiap malam, hapalan, muhadoroh, dan rabana, guru juga menjadi tauladan dan pembinaan karakter islam dapat diintegrasikan ke semua mata pelajaran, dan 3) output pembinaan berupa akhlak mahmudah yaitu kemandirian, kejujuran, religius, tanggung jawab, sedangkan akhlakl mazmumah seperti bolos, berbicara kotor, dan pergi malam tanpa izin Kata kunci: pembinaan, karakter islam, pondok pesantren

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: 4867711 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2016 06:58
Last Modified: 10 Aug 2016 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23370

Actions (login required)

View Item View Item