PENGARUH BERMAIN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA DALAM KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH TELUKBETUNG BANDAR LAMPUNG

YANI LESTARI, 1213054094 (2016) PENGARUH BERMAIN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA DALAM KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH TELUKBETUNG BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (814Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (671Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kerja sama dalam kelompok usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah masih rendah. Dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan estafet puzzle terhadapat perkembangan kerjasama dalam kelompok dan perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu melalui bermain estafet puzzle. Metode penelitian adalah menggunakan metode Pre- Experimental Design. Menggunakan design one group pre-ekperiment posteksperiment. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain estafet puzzle dan ada pengaruh bermain estafet puzzle terhadap perkembangan kerjasama dalam kelompok usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Telukbetung Bandar Lampung. Kata Kunci : bermain, estafet puzzle, perkembangan kerjasama. abstrak inggris The problem of this research was the lack of cooperation development in a range of 4-5 years age in TK Aisyiyah. This research aimed to determind the influence of playing estafet puzzle on the cooperation development and the difference between before and after applaying estafet puzzle game. This research was used pre-experiment design method and one group preexperiment post-experiment. Data collection tool that used observation and documentation. This research was analized by t-test examination and sample linier regresssion test. The result showed that there was a significant difference between before and after applying estafet puzzle game toward children on cooperation development in a range of 4-5 years age in TK Aisyiyah Telukbetung Bandar Lampung Keyword: plying, estafet puzzle, cooperation development

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 6621212 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:35
Terakhir diubah: 11 Aug 2016 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23378

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir