PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I SINDANG SARI KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR TRI SETIAWATI, (1213053083) (2016) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I SINDANG SARI KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2459Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah kemampuan matematika siswa yang masih rendah, bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Positif Reinforcement terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sindang sari Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimental desain, dengan desain Pos Test Only Control Grup Design. Penelitian di laksanakan di SDN 1 Sindang sari Kec. Kotabumi Kab. Lampung Utara dengan teknik pengambilan sampel secara sampel random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, dan didapatkan siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah di uji validitas dan realibilitasnya.Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan Positive Reinforcement lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional (pembelajaran biasa). Analisis data menggunakan uji-t pada perhitungan secara manual, sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji Fisher.Uji Hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan thitung 2,694 dan nilai ttabel 2,086 dengan signifikan 0,05. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan Positive Reinforcement lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Positive Reinforcement, Belajar Matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7960760 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:56
Terakhir diubah: 11 Aug 2016 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir