PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 2 SIMPANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIWIN KUSWANTI, 1213053122 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 2 SIMPANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3203Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2587Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IVA SD Negeri 2 Simpang Agung. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 60,71% katagori “cukup aktif” dan siklus II sebesar 85,71% katagori “sangat aktif”. Hasil belajar kognitif persentase siswa tuntas siklus I sebesar 57,14% katagori “cukup baik” dan siklus II sebesar 85,71% katagori “sangat baik”. Hasil belajar afektif dengan persentase siswa baik siklus I sebesar 57,14% katagori “cukup baik” dan siklus II sebesar 85,71% katagori “sangat baik”. Hasil belajar psikomotor dengan persentase siswa terampil siklus I sebesar 64,29% katagori “cukup terampil” dan siklus II sebesar 89,29% katagori “sangat terampil”. Kata kunci: model pembelajaran problem posing, aktivitas, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 0273393 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:48
Terakhir diubah: 11 Aug 2016 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir