PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI TAHUN AJARAN 2015/2016

EKA AYU SUSANTI, (1113052013) (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1388Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1386Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini pemahaman penjurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman penjurusan siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik nonparametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian ini 12 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai yang memiliki pemahaman penjurusan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman penjurusan siswa mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest pemahaman penjurusan diperoleh Zhitung = -3.061 ≤ Ztabel = 1.645. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman penjurusan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Pemahaman Penjurusan, Bimbingan Kelompok.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 3866786 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:45
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir