Mahad, DHITA MITA ANGGRA OVIKA (2013) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERYATAAN.pdf - Published Version Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (146Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (186Kb) |
||
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (50Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran learning cycle exploration, explanation, elaboration (LC 3E) pada materi asam basa dalam me-ningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel se-cara operasional. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara semester genap ta-hun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Hasil pene-litian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan megendalikan variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,15 dan 0,47; dan rerata n-Gain ke-terampilan medefinisikan variabel secara operasional untuk kelas kontrol dan eks-perimen masing-masing 0,23 dan 0,50. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa model pem-belajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel secara operasional. Kata kunci : Learning Cycle 3E, mengendalikan variabel, mendefinisikan variabel secara operasional
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 06:33 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |