PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL

Mahad, DHITA MITA ANGGRA OVIKA (2013) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (186Kb)
[img] File PDF
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (50Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran learning cycle exploration, explanation, elaboration (LC 3E) pada materi asam basa dalam me-ningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel se-cara operasional. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara semester genap ta-hun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Hasil pene-litian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan megendalikan variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,15 dan 0,47; dan rerata n-Gain ke-terampilan medefinisikan variabel secara operasional untuk kelas kontrol dan eks-perimen masing-masing 0,23 dan 0,50. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa model pem-belajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel secara operasional. Kata kunci : Learning Cycle 3E, mengendalikan variabel, mendefinisikan variabel secara operasional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:33
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir