PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL

Mahad, DHITA MITA ANGGRA OVIKA (2013) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186Kb)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (50Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran learning cycle exploration, explanation, elaboration (LC 3E) pada materi asam basa dalam me-ningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel se-cara operasional. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara semester genap ta-hun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Hasil pene-litian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan megendalikan variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,15 dan 0,47; dan rerata n-Gain ke-terampilan medefinisikan variabel secara operasional untuk kelas kontrol dan eks-perimen masing-masing 0,23 dan 0,50. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa model pem-belajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel secara operasional. Kata kunci : Learning Cycle 3E, mengendalikan variabel, mendefinisikan variabel secara operasional

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:33
Last Modified: 08 Jan 2014 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item