Cik Mamat, Devia Ratna Sari (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SD Negeri 3 Gunung Sugih Pasar Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (3331Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (3331Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (3005Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (1581Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (293Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (424Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas IV SD Negeri 3 Gunung Sugih Pasar, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah karena menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model examples non examples terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok non-equivalen. Sampel penelitian siswa kelas IVa dan IVb, dipilih dari populasi secara sampling jenuh. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran examples non examples yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tabel 8 aktivitas belajar siswa dalam semua aspek mengalami peningkatan. Pada aspek mendengarkan bernilai sebesar 93.48 %, aspek bertanya sebesar 97,83 %, aspek menjawab pertanyan sebesar 86,96 % dan aspek membuat rangkuman sebesar 82.61 %. Hasil belajar juga mengalami peningkatan pada tabel 9, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 41,73, nilai postes sebesar 76,95 dan N-gain sebesar 0,60. Selain itu, pada data angket tanggapan yang menunjukkan bahwa semua siswa (100%) tanggapan positif yaitu senang terhadap penggunaan model examples non examples. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, angket tanggapan, examples non examples, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 05:12 |
Terakhir diubah: | 16 Jul 2014 05:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2340 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |