PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 MARGOSARI PRINGSEWU

RINDI NURFITRIA TSANI, (1213053098) (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 MARGOSARI PRINGSEWU. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1954Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1955Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Margosari pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan mengetahui peningkatam aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh katagori “Cukup aktif” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi katagori “Aktif”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh katagori “Baik” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi katagori “Sangat baik”. Kata kunci : model problem based learning, aktivitas belajar, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4602860 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:52
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir