PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 06 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FRANSISKA ALPERA, 1213053053 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 06 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1202Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN].pdf

Download (1203Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 06 Metro Barat yang menunjukkan bahwa 17 siswa (65,38%) belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered head together menggunakan media grafis. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together menggunakan media grafis pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 64,68 dan meningkat sebesar 9,85 menjadi 75,53 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 61,53% (kategori cukup baik) dan meningkat menjadi 84,46% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kata kunci: numbered head together, media grafis, hasil belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6379322 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:47
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir