PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 MARGADADI KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

UMI ARISAH, (1413093056) (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 MARGADADI KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1684Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1379Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Margadadi Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan metode pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SDN 3 Margadadi Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dengan terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa 78,3 dengan siswa aktif sebanyak 12 orang siswa, siswa cukup aktif sebanyak 5 orang siswa, siswa kurang aktif sebanyak 3 orang siswa. Pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa 84,6 dengan jumlah siswa aktif sebanyak 16 orang siswa, siswa cukup aktif sebanyak 2 orang siswa, siswa kurang aktif sebanyak 2 orang siswa. Prestasi belajar siswa pada siklus I, diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa 75,0 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Berdasarkan katagori terdapat 12 orang siswa baik, 5 orang siswa cukup, dan 3 orang siswa kurang. Pada siklus II, diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa 80,5 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Berdasarkan katagori terdapat 16 orang siswa baik, 2 orang siswa cukup, dan 2 orang siswa kurang. Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, inkuiri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1010074 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:04
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23411

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir