PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON-ELEKTROLIT

DEVI RAHMAYANI , 1213023015 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (745Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen berbasis keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan subjek penelitian yaitu instrumen asesmen kognitif berbasis KPS. Penyusunan instrumen asesmen dilakukan setelah studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka dan studi lapangan. Kemudian dilakukan validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah direvisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh validator, kemudian diminta tanggapan dari guru mengenai ketiga aspek tersebut. Dari hasil penilaian guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan yaitu instrumen asesmen kognitif berbasis KPS pada materi sifat koligatif larutan non-elektrolit diperoleh persentase pada aspek kesesuaian isi, kontruksi, dan keterbacaan sebesar 84,60%, 84,00%, dan 80,00% dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan dari validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, Devi Rahmayani kontruksi, dan keterbacaan juga dikategorikan sangat tinggi yaitu dengan persentase. 82,03%, 84,00%, 83,07%. Kata kunci : Instrumen asesmen, keterampilan proses sains, sifat koligatif larutan non-elektrolit

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 8150310 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:32
Last Modified: 16 Aug 2016 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23441

Actions (login required)

View Item View Item