ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI CHODIJAH , 1213024068 (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (755Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (657Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran, dipandang sebagai fenomena yang memberikan kesadaran bagi guru untuk selalu memberikan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Ciri dari pembelajaran biologi adalah adanya kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun di alam. Pada dasarnya praktikum merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dimaksudkan untuk memantapkan penguasaan materi yang bersifat aplikatif dengan kegiatan yang mandiri dan terbimbing agar dapat mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah desain riset ekspositori. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII yang dipilih dengan cara simple random sampling terdiri iii dari 6 kelas, dengan jumlah sampel 192 siswa. Data penelitiannya berupa data kualitatif yang diperoleh dari angket, wawancara, foto atau video, dan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), profil guru, dan arsip laboratorium IPA. Analisis data angket dilakukan dengan menggunakan persentase, wawancara dianalisis menggunakan teknik crosscheck (pencocokan) dalam bentuk transkrip hasil, foto dianalisis menggunakan cara induktif, RPP dianalisis dengan melihat keterlaksanaan praktikum pada kompetensi dasar KTSP dan menilai kemampuan guru dalam menyusun RPP, LKS dianalisis menggunakan penilaian LKS oleh guru, profil guru dianalisis menggunakan cara deskriptif dengan melihat riwayat hidup, dan arsip laboratorium dianalisis menggunakan lembar ceklis observasi laboratorium IPA Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor angket pelaksanaan, minat, dan pembuatan laporan hasil praktikum siswa mendapat kriteria sesuai. Jika dilihat keterlaksaan praktikum berdasarkan RPP yang digunakan guru maka hanya terlaksana tiga kali dari sepuluh kompetensi dasar sehingga memperoleh kriteria kurang baik. Jika ditinjau dari persiapan guru melalui RPP tergolong cukup baik dan LKS tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi mendapat kriteria sesuai, sedangkan persiapan guru berdasarkan penyusunan RPP mendapat kriteria cukup baik dan penyusunan LKS mendapat kriteria sangat baik. Kata kunci: Biologi, pelaksanaan, praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1872288 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:34
Terakhir diubah: 16 Aug 2016 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir