PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014)

Sutan, ERA OKTARIANI YUNINGSIH (2014) PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (1634Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (1641Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (2259Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (478Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video dengan model pembelajaran STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIc yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa diperoleh dari lembar observasi siswa terhadap penggunaan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek mengajukan pertanyaan (82,8%), mengajukan ide (74,19%), melakukan diskusi (83,87%), bekerja sama (89,25%), dan menjawab pertanyaan (84,95%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (54,62), postes (79,37), gain (0,54). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1) dengan rata-rata gain (0,54). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video dengan model STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, gerak tumbuhan, hasil belajar, media video, STAD. Era Oktariani Yuningsih

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Jul 2014 05:13
Terakhir diubah: 16 Jul 2014 05:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir