Lia Dwi Susanti, (1213033043) (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3846Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3847Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar sangat penting keberadaannya untuk keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture yang menggunakan rangkaian gambar dalam pembelajarannya, dengan adanya rangkaian gambar diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar, khususnya pada pelajaran IPS yang cenderung hafalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan true-experimental design tipe posttest only control group. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji theta dan kai kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,5605 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering model picture and picture digunakan, maka motivasi belajar IPS siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 20,98 sehingga dapat diartikan model pembelajaran picture and picture dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 8968523 . Digilib |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:18 |
Terakhir diubah: | 19 May 2022 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23462 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |