STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DANTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LILIS NURAINI , 1213031052 (2016) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DANTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1691Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1074Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dan Team Games Tournament (TGT) dengan memperhatikan sikap siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran tersebut diterapkan dikelas yang berbeda. Model TPS pada kelas eksperimen dan TGT pada kelas kontrol. Kedua kelas tersebut mempunyai rata-rata kemampuan akademis yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian ini 54 siswa dengan jumlah populasi sebanyak 246 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament . (2) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa yang memiliki sikap positif. (3) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada siswa yang memiliki sikap negatif. (4) Ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan sikap siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Kata kunci: Hasil Belajar, Sikap Siswa, Team Games Tournament, Think Pair and Share ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of the learning outcomes of students whose learning using cooperative learning model Think Pair and Share (TPS) and Team Games Tournament (TGT) by taking into account students' attitudes toward economic subjects. Both models are applied classroom learning different. Model TPS on experimental class and TGT on control class. Both of these classes have an average academic ability of the same. The method used in this research is a comparative method with the experimental approach. The study sample is 54 students with a total population of 246 students. This research technique is cluster random sampling. Data collection techniques by observation, documentation, questionnaire and test. Hypothesis testing using t-test formula two independent samples and analysis of variance of two roads. The result showed (1) There are differences in average outcomes studied economics student whose learning using learning model Think Pair and Share with students whose learning using learning model Team Games Tournament. 2) average the results of studying economics at students who are taught using cooperative learning Think Pair and Share is higher than students whose learning using cooperative learning model Team Games Tournament at students who have a positive attitude. (3) The average results of studying economics at students who are taught using cooperative learning Team Games Tournament higher than students whose learning using cooperative learning model Think Pair and Share on students who have a negative attitude. (4) There is an interaction effect between the use of cooperative learning model to the students' attitudes toward learning outcomes of economics. Keywords: Attitude Students, Learning Outcomes, Team Games Tournament, Think Pair and Share

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 1760230 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:20
Last Modified: 18 Aug 2016 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item