Zaid Husein, FERTIKA DWI YOSWITA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 Materi Pokok Pengelolaan Lingkungan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (1943Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (3017Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (3124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (1833Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (294Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (500Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji Mann-Withney U melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek bekerjasama dengan teman (82,35%); melakukan kegiatan diskusi (76,96%); mempresentasikan hasil diskusi kelompok (87,75%). Hasil kemampuan berpikir kritis juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (53,38%); postes (68,88%); N-gain (32,57%). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, pengelolaan lingkungan, Problem Based Learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 05:13 |
Terakhir diubah: | 16 Jul 2014 05:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2349 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |