PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ENDANG REJO

DEBIE AYU PRIMASARI , 1213053027 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ENDANG REJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2406Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1968Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang tediri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori aktif, kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I memperoleh kategori sedang menjadi kategori tinggi pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I memperoleh kategori mulai berkembang dan pada siklus II kategori sudah membudaya. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa siklus I memperoleh kategori terampil dan pada siklus II kategori sangat terampil. Kata kunci: metode problem solving, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8366456 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:14
Terakhir diubah: 19 Aug 2016 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir