MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG

KUSWANTO, 1213043021 (2016) MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2007Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2008Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan penelitian adalah pembelajaran tari halibambang dan hasil belajar siswa menggunakan model TGT pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Global Madani Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model TGT. Manfaat penelitian ini berupa manfaat teoritis yakni bermanfaat bagi lembaga tinggi Universitas Lampung dan manfaat praktis yakni manfaat bagi guru, siswa serta sekolah. Teori belajar yang digunakan pada penelitian adalah teori kontruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah 12 siswa yang mempelajari 13 ragam gerak tari halibambang dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes sebagai instrumen panduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model team game tournament (TGT) dalam pelaksanaan pembelajaran lebih terlihat pada siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tari halibambang. Guru memberikan stimulan kepada siswa untuk menerapkan 3 komponen model team game tournament (TGT) sesuai dengan deskriptor model pembelajaran yang telah ada. Pelaksanaan 3 komponen model TGT antara lain; team, siswa harus menerima dan menghargai siswa lain. Game tournament, siswa mengaplikasikan pengetahuanya melalui permainan. Recognition, siswa menerima penghargaan prestasi tim oleh guru. Hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model pembelajaran TGT pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Global Madani Bandar Lampung mendapatkan kriteria baik dengan nilai 85 yang terlihat pada tes praktik siswa. Siswa mampu memperagakan gerak tari halibambang sesuai urutan, hitungan dan ketepatan gerak dengan musik. Kata kunci: model team game tournament, pembelajaran, tari halibambang abstrak inggris The research problems was learning halibambang dance and students learning outcomes by using TGT model of learning art and culture at extracurricular activities SD Global Madani Bandar Lampung. This research aimed to describe the process and learning outcomes of halibambang dance by using TGT model. The benefits of this research in the form of theoretical benefits namely beneficial for high institutions universitas lampung and benefits namely practical benefits for teachers, students as well as schools. Learning theory used in this research were the construktivism theory. The kind of this research was qualitative descriptive. Sources of data in this research were 12 students who studied 13 halibambang range of motion dance culture and art teacher. Data collection techniques used in this research was observation, interview, documentation, test practices and nontes as guide instrument. This research shows that the application of learning model in the implementation TGT seen in the activities of teachers and students in the implementation of halibambang dance learning. Teachers give stimulant to students to apply 3 components in the implementation of the guidelines in accordance with TGT model descriptor existing. The implementation of the 3 components TGT model among others to team, students must receive and appreciate students. Game tournament, students apply their knowledge through game. Recognition, students receive the appreciation achievement team by teachers. Learning halibambang dance used the TGT model at extracurricular activities in SD Global Madani Bandar Lampung get both criteria with an average value 85 which is visible in the practices of students assessment test. Students are capable to demonstrate the halibambang dance in order, count and precision of movement with music. Keywords: halibambang dance, learned, team game tournament model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 4520390 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2016 07:56
Terakhir diubah: 19 Aug 2016 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir