LINDA PUSPITA SARI, (1413093021) (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (872Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (626Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 80% siswa yang aktif. Pada siklus III terdapat 18 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95% siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1441716 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 06:50 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2016 06:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23519 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |