PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LINDA PUSPITA SARI, (1413093021) (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (626Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 80% siswa yang aktif. Pada siklus III terdapat 18 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95% siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 1441716 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:50
Last Modified: 22 Aug 2016 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

View Item View Item