PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LINDA PUSPITA SARI, (1413093021) (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (872Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (626Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 80% siswa yang aktif. Pada siklus III terdapat 18 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95% siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1441716 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:50
Terakhir diubah: 22 Aug 2016 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir