PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

EDI SUSANTO, 1213022020 (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2636Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2390Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan e-learning dengan memanfaatkan LMS Schoology pada materi gerak harmonik sederhana. Tujuan pengembangan untuk menghasilkan e-learning yang menarik, mudah dan bermanfaat serta e-learning yang efektif untuk digunakan. Penelitian pengembangan dilakukan melalui tahapan-tahapan dimulai dari analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal dan produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA N 1 Terbanggi Besar dengan langkah awal menganalisis kebutuhan dengan hasil yang diperoleh yaitu dalam proses pembelajaran sekolah belum menggunakan e-learning. Hasil analisis kebutuhan kemudian akan digunakan untuk menghasilkan format e-learning yang dikembangkan. Tahap selanjutnya adalah uji validasi oleh ahli desain dan ahli isi atau materi dan dilakukan perbaikan sesuai kritik dan saran yang diperoleh dari uji validasi. Produk yang telah diperbaiki diuji coba satu lawan satu kepada tiga orang siswa. Selanjutnya dilakukan uji coba pemakaian produk di lapangan dengan 34 orang siswa dengan menggunakan metode blended learning. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh skor kemenarikan 3,19 (menarik), skor kemudahan 2,88 (mudah), dan skor kemanfaatan 2,91 (bermanfaat). dan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran karena berdasarkan uji keefektifannya diperoleh rata-rata uji keefektifan sebanyak dengan 87% siswa mencapai KKM untuk aspek kognitif. Kata kunci: blended learning, e-learning, gerak harmonik sederhana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 0222957 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:32
Terakhir diubah: 24 Aug 2016 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir