PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENURUNAN TEKANAN UAP DAN KENAIKAN TITIK DIDIH LARUTAN

AYUDA PANGESTIKA , 1213023010 (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENURUNAN TEKANAN UAP DAN KENAIKAN TITIK DIDIH LARUTAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1256Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1059Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendes- kripsikan kevalidan dan kepraktisan LKS berbasis model discovery learning pada materi penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih larutan. Penelitian ini di- lakukan dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk secara terbatas, merevisi produk sesuai saran yang didapatkan pada uji coba terbatas kemudian melakukan uji keterlaksanaan produk di SMAN 1 Labuhan Maringgai pada kelas XI IPA 1 yang berjumlah 24 siswa. LKS yang dikembangkan memiliki tahapan yang disesuaikan dengan model discovery learning. Terdapat enam tahapan model discovery learning yaitu stimulasi, iden- tifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis model Discovery Learning pada materi penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih larutan memiliki validitas yang sangat tinggi berdasarkan hasil persentase rata-rata penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Berdasarkan hal tersebut maka LKS hasil pengembangan dinyatakan valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji coba terbatas, LKS hasil pengembangan dinyatakan layak dan terlaksana dengan baik dalam pembelajaran yang dilihat dari perolehan rata- rata skor jawaban guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan dengan kriteria sangat tinggi; skor jawaban siswa terhadap aspek kemenarikan dan keterbacaan dengan kriteria sangat tinggi; respon positif siswa setelah pembelajar- an menggunakan LKS hasil pengembangan; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan dengan kriteria sangat tinggi. Kata kunci : Discovery learning, kenaikan titik didih larutan, LKS, pendekatan saintifik, penurunan tekanan uap

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5608148 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:00
Last Modified: 24 Aug 2016 02:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item