PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ENI ERMIATI , 1313072006 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1121Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (606Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengalisis perencanaan, pelaksanaan, dan sikap toleransi siswa melalui penggunaan metode pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tegineneng Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian (1) rencana pembelajaran yang disusun oleh guru relevan dengan kelengkapan dokumen SK, KD, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, dan penilaian, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatakkan sikap toleransi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mendengarakan penjelasan guru, mengerjakan tugas, mengajukan pertanyaan, menjawab dan berpendapat, bekerjasama dalam diskusi, mendengarkan pendapat kelompok lain, dan memerankan tokoh serta berani mengemukakan pendapat di muka umum. Pada siklus I perolehan data pada siklus I sebesar 51,25% dan meningkat pada siklus II sebesar 76,25%. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran bermain peran tidak hanya dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Selain itu, guru dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai melalui proses pembelajaran kedalam diri siswa khususnya nilai sikap toleransi, dan siswa dapat menjadi pribadi yang lebih baik, dan tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : kemerdekaan mengemukakan pendapat, model pembelajaran bermain peran, sikap toleransi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 5453766 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:58
Terakhir diubah: 24 Aug 2016 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23606

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir