KEMAMPUAN MENGUBAH PUISI BALADA MENJADI KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NINDI SILVIA , 0913041049 (2016) KEMAMPUAN MENGUBAH PUISI BALADA MENJADI KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2060Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2061Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengubah puisi menjadi karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung dalam mengubah puisi balada menjadi karangan narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 359 yang tersebar dalam 10 kelas. Peneliti menetapkan 15% dari jumlah populasi setiap kelas secara acak sehingga diperoleh jumlah sampel keseluruhan yaitu 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Analisis yang dilakukan adalah sebagai berikut, peneliti: (1) menyusun hasil kerja siswa dan memberi kode berupa nomor pada setiap lembar, (2) membaca hasil kerja siswa, (3) mengoreksi dan memberi skor hasil karangan narasi siswa berdasarkan indikator penilaian, dan (4) menentukan rata-rata kemampuan siswa dalam mengubah puisi balada menjadi karangan narasi dengan rumus yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, nilai yang diperoleh dalam mengubah puisi menjadi karangan narasi yaitu tergolong baik dengan skor rata-rata 79. Nilai untuk setiap indikator yaitu (a) aspek kesesuaian tema tergolong baik, yakni dengan skor rata-rata 94; (b) aspek ketepatan isi tergolong baik, yakni dengan skor rata-rata 84; (c) aspek diksi tergolong cukup, yakni dengan skor rata-rata 65; dan (d) aspek struktur narasi tergolong baik, yakni dengan skor rata-rata 75. Rata-rata siswa sudah mampu menulis karangan narasi berdasarkan makna puisi “Balada Ibu yang Dibunuh” karya W.S. Rendra dengan baik, walaupun dalam aspek diksi masih dalam kategori cukup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2659175 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:46
Terakhir diubah: 24 Aug 2016 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23637

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir