PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

MARTINA TRI BUDIARTI , 1213043025 (2016) PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (137Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1722Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1722Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan dan hasil belajar Koreografi pada kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara menggunakan metode group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunankan metode group investigation dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran Koreografi. Peneitian ini merupakan penelitian deskriptif metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru tari SMA Negeri 3 Kotabumi dan 12 orang siswi perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi non partisispan, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Group investigation adalah metode yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajari melalui investigasi secara berkelompok. Metode group investigation diterapkan pada pembelajaran koreografi dari pertemuan awal hingga pertemuan terakhir. Langkah-langkah penggunaan metode group investigation, mengatur siswa ke dalam kelompok, dari 12 siswi terbentuk 2 kelompok. Merencanakan tugas mencari tahap eksplorasi, tahap improvisasi, dan tahapan pembentukan gerak tari kreasi Lampung. Melaksanakan investigasi, tiap kelompok mencari materi yang telah ditentukan dari berbagai sumber dan media diluar maupun dalam kegiatan ekstrakulikuler. Menyiapkan laporan akhir, tiap kelompok presentasi di depan teman-teman yang lain. Evaluasi, kelompok lain memberikan pendapat dan guru memberikan penilaian. Penilaian diberikan melalui empat aspek yaitu wiraga (kreatifitas membuat gerakan), kreatifitas hitungan, wirasa (ekspresi atau penjiwaaan), dan pola lantai selain itu juga diadakan penilaian tes praktik koreografi pada pertemuan ke tujuh. Hasil pembelajaran koreografi menggunakan metode group investigation menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian koreografi mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 73,33. Kata kunci: Metode Group Investigation, Pembelajaran Koreografi, Penilaian. ABSTRACT The problem in this reaserch is the use and the result of Choreography learning in extracurricular activity at SMAN 3 Kotabumi Lampung Utara by using group investigation method. This reaserch was aimed to describe the learning process by using group investigation method and the student’s result after the learning process of Choreography. This reaserch used describe qualitative method. The data were take from the dance teacher of SMAN 3 Kotabumi Lampung Utara and 12 female student’s. The techniques used to collect the data were non participant observation, interview, documentation, and practical test from dance teacher. Group investigation is a method which includes the students since planning, both in determining the topic and also the way to learn through investigation in a group. Group investigation method was applied in Choreography learning from the first until the last meeting. The steps of using group investigation were arranging the students into groups. From 12 students, it was formed 2 groups. Then, plan the assignment to look for exploration stage, improvitation stage, and formation movement stage of Lampung Kreasi dance. Next in conducting the investigation, each group searched the materials that had been determined from some sources and also media in the outside of extacurriculer activity. After that, prepared the final report in which the students practiced before presentation. Then, the students presented the final report in front of their friends. The last was evaluation where the other group delivered their opinion and the teacher also evaluated the students. The evaluation was given based on four aspect such us make movement creativity or wiraga, count movement creativity, expretion or wirasa and movement compotition. The result of Choreography learning through group investigation method showed that some students from all evaluation aspects of Chhoreography got enough criteria with the average score was 73,33. Keywords: Choreography learning, group investigation method, evaluation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> M Music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 5603855 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:16
Terakhir diubah: 26 Aug 2016 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir