HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

LIA ERLI WAHYUNINGSIH, 1213031051 (2016) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1326Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (828Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang rendah ketika guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi materi akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa. Semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 100 menggunakan total sampling. Data yang terkumpul melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment yang hasilnya menunjukkan angka yang menandakan besarnya tingkat signifikansi antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. 2) Aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 7 Bandar Lampung berhubungan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi akuntansi dengan hasil uji rhitung > rtabel atau 0,740>0,316, kadar determinasi sebesar 0,548 yang berarti hasil belajar siswa berhubungan dengan aktivitas belajar sebesar 54,8%. Kata kunci: aktivitas belajar, student team achievement division, hasil belajar. abstract This research is motivated by the learning activities of students were low when teachers teach using lecture method. The purpose of this study was to determine the relationship between learning activities with learning outcomes on economic subjects material accounting class XI Social 1 in Senior High School 7 Bandar Lampung. The method used in this research is associatif approach ex post facto and surveys. The population in this research were 39 students. All of the sampled population because the population is less than 100 using the total sampling. Data were collected through observation, questionnaires, interviews, and documentation. Hypothesis testing using the product moment correlation formula whose results showed the number that indicates the level of significance between variables X and Y. Based on the result as follows : 1) There is a positive and significant relationship between learning activities with learning outcomes of students of class XI Social 1 in Senior High School 7 Bandar Lampung. 2) Activities for students at Senior High School 7 Bandar Lampung related to student learning outcomes on economic subjects material accounting with assay results rhitung > rtabel or 0,740 > 0,316, levels of determination of 0,548, which means student learning outcomes associated with learning activities by 54,8%. Keywords: learning activity, student team achievement division, learning outcomes.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 8730532 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:36
Last Modified: 26 Aug 2016 03:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item