RENA MARINTA, 1213031074 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KOTABUMI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1704Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1303Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar merupakan evaluasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah rangkaian pembelajaran dilaksanakan. Hasil belajar berguna sebagai alat pengukur apakah tujuan utama pembelajaran tersebut tercapai. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran untuk melihat ketercapaian siswa dalam proses pembelajaran untuk melihat ketercapaian siswa dalam proses belajar. Setelah dilakukan penelitian pendahukuan di SMK Negeri 1 Kotabumi diperoleh data bahwa hasil belajar komputer akuntansi siswa masih tergolong rendah yaitu 57,1% siswa yang memiliki hasil belajar diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini diduga karena penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional yang meliputi buku teks pelajaran, papan tulis dan proyektor. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti memilih media pembelajaran video tutorial dan powerpoint sebagai alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar komputer akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint. (2) mengetahui media yang paling efektif digunakan untuk mata pelajaran komputer akuntansi, media pembelajaran video tutorial atau media pembelajaran powerpoint pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kotabumi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis konputer dengan output berupa audio visual dan visual. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh, dengan menggunakan seluruh polpulasi menjadi sampel yaitu 77 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen (independent sample t-test) dan analisis efektivitas N-gain. Berdasarkan perhitungan t-test terlihat bahwa thitung (2,103) > t tabel (1,99) berarti hipotesis alternatif diterima, yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar komputer akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint. Berdasarkan perhitungan efektivitas penggunaan media video tutorial dan powerpoint hasilnya adalah 1,006 yang artinya penggunaan media video tutorial lebih efektif digunakan untuk pemberian materi proses pembelajaran komputer akuntansi daripada media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Video Tutorial dan Powerpoint.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 8859989 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:13 |
Terakhir diubah: | 26 Aug 2016 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23705 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |