STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KOTABUMI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RENA MARINTA, 1213031074 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KOTABUMI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1704Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1303Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan evaluasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah rangkaian pembelajaran dilaksanakan. Hasil belajar berguna sebagai alat pengukur apakah tujuan utama pembelajaran tersebut tercapai. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran untuk melihat ketercapaian siswa dalam proses pembelajaran untuk melihat ketercapaian siswa dalam proses belajar. Setelah dilakukan penelitian pendahukuan di SMK Negeri 1 Kotabumi diperoleh data bahwa hasil belajar komputer akuntansi siswa masih tergolong rendah yaitu 57,1% siswa yang memiliki hasil belajar diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini diduga karena penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional yang meliputi buku teks pelajaran, papan tulis dan proyektor. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti memilih media pembelajaran video tutorial dan powerpoint sebagai alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar komputer akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint. (2) mengetahui media yang paling efektif digunakan untuk mata pelajaran komputer akuntansi, media pembelajaran video tutorial atau media pembelajaran powerpoint pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kotabumi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis konputer dengan output berupa audio visual dan visual. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh, dengan menggunakan seluruh polpulasi menjadi sampel yaitu 77 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen (independent sample t-test) dan analisis efektivitas N-gain. Berdasarkan perhitungan t-test terlihat bahwa thitung (2,103) > t tabel (1,99) berarti hipotesis alternatif diterima, yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar komputer akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint. Berdasarkan perhitungan efektivitas penggunaan media video tutorial dan powerpoint hasilnya adalah 1,006 yang artinya penggunaan media video tutorial lebih efektif digunakan untuk pemberian materi proses pembelajaran komputer akuntansi daripada media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Video Tutorial dan Powerpoint.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 8859989 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:13
Terakhir diubah: 26 Aug 2016 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir