NUR ISTIQOMAH , 1213031067 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN POSTER DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ABUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1577Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1578Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar merupakan evaluasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah rangkaian pembelajaran dilaksanakan. Hasil belajar berguna sebagai alat pengukur apakah tujuan utama pembelajaran tersebut tercapai.maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran untuk melihat ketercapaian siswa dalam proses belajar. Setelah dilakukan observasi di SMA Negeri 1 Abung Selatan di peroleh data bahwa hasil belajar ekonomi siswa masih tergolong kurang baik yaitu hanya 51,66% siswa yang memiliki hasil belajar di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini diduga terjadi karena penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional yang hanya meliputi buku teks, papan tulis, dan spidol. Serta minat belajar siswa yang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti memilih media pembelajaran interaktif dan poster sebagai alternatif dalam peningkatan hasil belajar dengan memperhatikan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandigkan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan poster dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan treatment by level. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik cluster rundom sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan menggunakan analisis varian dua jalur dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif dengan siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran poster. Hal ini terlihat hasil pengujian hipotesis dengan SPSS windows 16. Diperolah koefisien F hitung > Ftabel atau 4,564 > 4,05 serta tingkat Signifikansi sebesar 0.039 < 0.05, 2. Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan media pembelajaran poster. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan SPSS windows 16. Diperoleh thitung > ttabel atau 6,000 > 2, 074, dan nilai sig. 0,000 < 0,05. 3. Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan media pembelajaran poster. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan SPSS windows 16. Diperoleh thitung > ttabel atau 2,378 > 2,086 , dan nilai sig. 0,028 < 0,05. 4. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan SPSS windows 16. Diperoleh koefiensi Fhitung > Ftabel atau 33,060 > 4,05 dengan tingkat Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Kata kunci: hasil belajar ekonomi, media pembelajaran interaktif, media pembelajaran poster, minat belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 9310606 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 07:15 |
Terakhir diubah: | 26 Sep 2016 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23706 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |